-->

Segala Hal Yang Anda Butuhkan Untuk Pengendalian Biaya Proyek
Perusahaan Anda

Siap Kontraktor Sangat Paham Betul Kebutuhan Kontraktor Indonesia
Berpengalaman Sejak Tahun 1992!

COST ESTIMATE

SIAP Kontraktor untuk Cost Estimate. Sebelum melaksanakan sebuah proyek diperlukan perencanaan, salah satunya adalah membuat Rencana Anggaran Pelaksanaan (RAP). Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat WBS (Work Breakdown Structure) dari lingkup pekerjaan yang harus dilaksanakan.


Selanjutnya menghitung rencana biaya untuk setiap item pekerjaan, yang komponennya terdiri dari Bahan, Upah, Alat, Subkon dan Overhead (BUASO). Dalam pekerjaan sipil, umumnya berpedoman pada BOW (Burgerlijke Openbare Werken) atau Analisa Biaya Pekerjaan, yang kemudian disempurnakan menjadi SNI. Data BOW atau SNI atau analisa biaya yang dibuat sendiri, dapat disimpan ke dalam Program SIAP Kontraktor,


dan nantinya dapat diambil ketika melakukan perhitungan RAP. Pembuatan RAP sebuah proyek dapat dilakukan oleh banyak user secara bersama-sama dalam waktu yang bersamaan secara online, sehingga menjadi mudah dan cepat.


MATERIAL MANAGEMENT

SIAP Kontraktor sebagai Material Management Tools Fasilitas material manajemen berfungsi untuk mengelola seluruh kegiatan logistik, mulai dari pengelolaan permintaan dari proyek, membuat PO, pengiriman keproyek, pembuatan jurnal hutang bahan dan pencatatan tagihan dari pemasok. Dan disediakan Juga berbagai fasilitas analisa yang sangat diperlukan dalam rangka meningkatkan kinerja dan efisiensi dalam pengelolaan material, seperti laporan harga barang maximum–minimum yang dapat menunjukkan dengan sangat rinci riwayat pembelian setiap barang. Dengan SIAP Kontraktor segala pertanyaan yang berkaitan dengan material/bahan dapat dijawab dengan sangat cepat. Berikut ini adalah informasi yang tersedia: 1) Kartu Stok setiap barang disetiap gudang, baik dikantor atau diproyek. 2) PO yang sudah dikirim. 3) PO yang belum dikirim. 4) Permintaan barang yang belum dibelikan. 5) Informasi tentang barang yang dikirim ke proyek tetapi belum diterima. 6) Barang apa saja yang dikirm dari satu proyek ke proyek lainnya. 7) Barang apa saja yang Fast moving dan Slow moving. 8) Lead time (jangka waktu pengiriman) setiap PO yang diterbitkan. 9) Berapa stok minimum yang diperlukan agar aman.


COST ACCOUNTING

SIAP Kontraktor untuk Cost Accounting. Setiap biaya yang terjadi diproyek harus ditindaklanjuti oleh bagian akuntansi untuk dibuatkan jurnalnya. Pekerjaan pembuatan jurnal ini sangat menyita waktu, karena transaksi yang terjadi diproyek bisa sangat banyak apabila perusahaan mengelola beberapa proyek sekaligus. Program SIAP Kontraktor menyediakan fasilitas pembuatan jurnal otomatis yang akan sangat membantu bagian akunting dalam melakukan pekerjaan sehari‐hari. Dengan fasilitas ini tidak diperlukan lagi pekerjaan penginputan ulang, tetapi cukup memakai data yang sudah diinput oleh bagian‐bagian lain. Setelah menerima bukti pendukung bagian akuntansi dapat melakukan pembuatan jurnal dengan sangat cepat dan mudah. Antara lain : 1) Pembuatan Jurnal barang Masuk dari Pemasok. 2) Pembuatan Jurnal Kas Proyek. 3) Pembuatan Jurnal hasil opname pekerjaan dari SPK Mandor atau Subkontraktor. 4) Pembuatan Jurnal Pemakaian Bahan Proyek. 5) Pembuatan Jurnal pemakaian sparepart untuk alat. 6) Pembuatan Jurnal Pemakaian Barang di kantor.


Pengelolaan Hutang

SIAP Kontraktor untuk Pengelolaan Hutang. Perusahaan kontraktor dalam kegiatannya akan berhubungan dengan banyak pemasok, penerbitan PO, pengiriman barang dan dilanjutkan dengan penagihan oleh pemasok merupakan kegiatan yang tidak pernah habis dan berlangsung terus menerus. Verifikasi atas setiap transaksi harus dilakukan dengan sangat teliti. Kontrol terhadap PO yang pengiriman barangnya dilakukan secara bertahap, seperti beton readymix memerlukan kerja yang extra hati‐hati. Program SIAP Kontraktor menyediakan fasilitas yang dapat membuat pekerjaan ini menjadi mudah dan terkontrol dengan baik.


Pengelolaan SPK UASO
(UPAH,ALAT,SUBKON,OVERHEAD)

SIAP Kontraktor untuk Pengelolaan SPK Proyek. Perusahaan kontraktor dalam kegiatannya akan berhubungan dengan banyak pemasok SPK, penerbitan SPK, pengiriman Alat Berat dan dilanjutkan dengan penagihan oleh pemasok merupakan kegiatan yang tidak pernah habis dan berlangsung terus menerus. Verifikasi atas setiap transaksi harus dilakukan dengan sangat teliti. Kontrol terhadap SPK yang dilakukan secara bertahap,memerlukan kerja yang extra hati‐hati. Program SIAP Kontraktor menyediakan fasilitas yang dapat membuat pekerjaan ini menjadi mudah dan terkontrol dengan baik.


SIAP KONTRAKTOR VS APLIKASI AKUNTANSI